Rabu, 02 Mei 2012

Swot Analisis

ANALISIS SWOT
PROSES MANAJEMEN STRATEGIS adalah sebuah proses yang mencakup perencanaan strategis, pelaksanaan atau penerapan dan evaluasi. Tahap ini ditempuh setelah anda mampu memvisualisasikan apa yang akan anda lakukan atau apa yang menjadi visi lembaga. Anda ingin minum, lalu anda  ingin mambuat minuman segar ? Itu adalah visi. Maka buat dan tuliskanlah flow chart (langkah-langkah) yang detail untuk itu, semakin detail semakin bagus sehingga siapapun yang akan terlibat membantu anda akan memahami dengan baik proses apa yang harus dijalankannya.

ANALISIS adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu kasus, mengetahui isu apa yang sedang terjadi, dan memutuskan tindakan apa yang harus segera dilakukan untuk memecahkan masalah. Setiap proses yang telah anda susun harus dianalisis dengan baik agar prosesnya bukan hanya sekedar terlaksana tapi menunjukkan profesionalisme team dalam menjalankannya.

Analisa SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisa ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan
 (Strengths) dan peluang(Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).

Perencanaan strategis
 (strategic planner) suatu perusahaan harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) pada kondisi yang ada saat ini. Hal ini disebut dengan Analisis Situasi atau popular disebut Analisis SWOT.
KEKUATAN (Strengths) adalah segala hal yang dibutuhkan pada kondisi yang sifatnya internal agar supaya kegiatan-kegiatan organisasi berjalan maksimal. Untuk membuat minuman siapkan tenaga kerja, dana, es dan lain sebagainya karena anda yakin itu adalah kekuatan yang dibutuhkan untuk membuat minuman.
KELEMAHAN (Weaknesses) adalah terdapatnya kekurangan pada kondisi internal, akibatnya kegiatan-kegiatan organisasi belum maksimal terlaksana. Misalnya teman-teman yang anda minta membantu membuat minuman tidak berpengalaman untuk itu. Mereka belum bisa berinisiatif karena takut salah. sirup yang di pakai kebanyakan, sehingga rasa yang ada menjadi sangat manis. Terus yang mau pergi beli sirup saling tunjuk-tunjuk. 
KESEMPATAN/PELUANG (Opportunities) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang positif. Sebagaimana yang telah kami singgung sebelumnya, di pasar A di jual sirup yang berkualitas baik dan harganya murah. Ibu kita mungkin berpengalaman membuat minuman, kenapa tidak bertanya dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya bagaimana menyajikan minuman terbaik. 
ANCAMAN (Threatss) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang negatif yang mengancam perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar