Jumat, 18 Mei 2012

KONSEP PENGENDALIAN STRATEGIS


Jumadi

 Peran Strategis
(James M. Pappas, Karen E. Flaherty, C. Shane Hunt, 2007) dalam Literatur manajemen pada proses strategis menyediakan daftar panjang strategis peran yang dimainkan oleh berbagai tingkat manajemen (Floyd dan Wooldridge, 1992; Floyd dan Lane, 2000; Nonaka, 1994 Bartlett dan Ghoshal, 1993). Menurut Floyd dan Lane (2000), masing-masing peran melibatkan pengolahan informasi dan mengambil tindakan terhadap perubahan organisasi. Peran manajemen puncak yang dianggap pengambilan keputusan kegiatan. Peran manajemen menengah berkisar sekitar komunikasi dan transfer informasi antara operasi dan atas tingkatan manajemen. Akhirnya, peran manajemen operasi fokus pada bereaksi terhadap informasi dan sesuai dengan manajemen atas.Tingkat menengah peran strategis meliputi memperjuangkan, sintesis, memfasilitasi, dan melaksanakan (Floyd dan Wooldridge, 1992). memperjuangkan secara formal didefinisikan sebagai keberhasilan promosi dari inisiatif strategis untuk atasan, yang mengarah ke pengembangan kemampuan organisasi baru atau perubahan penggunaan dari kemampuan yang ada. Sintesis didefinisikan sebagai proses subjektif dimana makna strategis dikombinasikan dengan informasi operasi saat ini dan interpretasi dari pengetahuan ini dikomunikasikan kepada orang lain dalam organisasi. Memfasilitasi mengacu pada pemeliharaan dan pengembangan eksperimental program yang dirancang untuk mendorong pembelajaran organisasi dan untuk memperluas strategi. Akhirnya, menerapkan didefinisikan sebagai pemindahan organisasi kemampuan yang sering dianggap sebagai aktivitas top-driven.
Floyd dan di Lane (2000) meninjau literatur tentang peran strategis memberikan ringkasan tentang bagaimana kegiatan ini beroperasi pada tingkat hirarkis berbagai manajemen. Namun, penelitian terakhir yang melibatkan proses strategis belum sepenuhnya dianggap bagaimana manajer arahan (atau MCS) mempengaruhi anggota organisasi 'partisipasi dalam peran ini. Selanjutnya, penelitian terakhir tidak dianggap secara empiris pengaruh kegiatan tersebut pada tingkat-individu hasilseperti menjual kinerja, juga tak mempertimbangkan bagaimana iklim unit-tingkat partisipasi dalam peran strategis mempengaruhi kinerja.

Definisi kontrol strategis:
(Ali Nejatbakhsh Esfahani dan Ahmad Ali Khaef Elahi, 2012, 527) Dalam "Prinsip Manajemen", Harold Koontz mendefinisikan kontrol sebagai: "Tugas manajerial kontrol adalah untuk mengukur dan memodifikasi kinerja bawahan, untuk memastikan bahwa organisasi tujuan dan rencana (dikembangkan untuk mencapai tujuan tersebut) berada di jalankan "JA Stoner menunjukkan:. Control adalah kegiatan rutin, di mana hasil yang diharapkan didefinisikan dalam inti dari standar kinerja operasi Sistem informasi menerima dikembangkan juga dan. maka diprediksi dan operasi diimplementasikan dibandingkan satu sama lain Perbedaan yang diamati dan penyimpangan dievaluasi dan signifikansi mereka ditentukan.. tindakan korektif penting untuk pencapaian tujuan organisasi dan misi yang diambil di akhir.

Ambiguitas dan Manajemen Strategis
(Georg Schreyögg dan Horst Steinman, 1987; 93) Sekarang, fakta bahwa kekurangan umpan balik kontrol induk dari statusnya sebagai tambahan post-hoc untuk perencanaan dalam proses manajemen harus jelas. Merevisi filosofi kontrol, bagaimanapun, menyiratkan peninjauan kembali seiring konsep tradisional dari manajemen pro-cess yang ditandai dengan keunggulan perencanaan (Koontz, O'Donnell, & Weihrich, 1984). Semua fungsi manajerial lainnya dalam kerangka acuan yang diturunkan ke pelaksanaan rencana. Perencanaan diasumsikan untuk program tugas seluruh kemudi perusahaan (perencanaan sinoptik). Dasar pemikiran yang mendasari konsep ini jelas menggambarkan dunia manajerial sebagai satu cer-tain dan terstruktur dengan baik. Perencanaan dilihat dengan cara ini berarti di atas semua peramalan akurat dan dipahami dengan baik situasi, kedua asumsi ini adalah fiktif. Satu belajar dari pengalaman sehari-hari bahwa masa depan dapat diduga pada tingkat yang sangat terbatas. Situasi ketidakpastian muncul bukan karena kurangnya upaya peramalan-hati dan penuh perhatian, melainkan berasal dari kondisi struktur kehidupan.Perkiraan yang sempurna atau hampir sempurna adalah im-mungkin karena masa depan tergantung pada aktor yang memiliki ruang lingkup yang cukup besar untuk pilihan. "Pilihan itu kreatif dan dengan demikian inheren terduga ..." (Ackoff, 1981, hal 61.). Selain itu, saling tergantung-ence antara keputusan ekonomi lebih lanjut aggra-vates masalah. Tindakan strategis aktor A tidak dapat ditentukan sampai B aktor bertindak dan sebaliknya (Morgenstern, 1935). Prob-lem ini diperburuk, tentu saja, semakin lama rentang waktu perencanaan. Asumsi kedua, mengenai penetrasi ana-lytical dunia, mengabaikan "kompleks" lingkungan perusahaan saat ini. Jumlah elemen, dan hubungan potensi mereka dalam lingkungan korporasi-an, melebihi setiap analisis total atau penuh.
Akibatnya, manajer tidak memiliki pengetahuan tentang hubungan sebab-akibat banyak (Lawrence & Lorsch, 1967), dan, karenanya, lingkungan tidak akan bisa sepenuhnya dipahami (Luhmann, 1984).Kedua ketidakpastian dan kompleksitas menyebabkan fenomena ambiguitas yang biasanya con-front pengambil keputusan strategis. Tanggapan yang paling famil-IAR untuk masalah ini adalah untuk mengembangkan lebih dan lebih canggih, ambiguitas menyerap model perencanaan (misalnya, kesempatan kendala pro-pemrograman, simulasi, fuzzy set). Tanpa dis-hilang nilai kontribusi tersebut, seseorang dapat-tidak, tentu saja, menghilangkan ambiguitas. Tidak peduli seberapa baik model ini dirancang, segala sesuatu bisa terjadi secara berbeda daripada yang diantisipasi (Stub-bart, 1985). Kontingensi adalah fakta dasar kehidupan dan organisasi harus siap untuk itu.Kesimpulan ini berlaku terlepas dari apakah cor-porations membuang kekuatan yang signifikan atau tidak. Hal ini juga diketahui bahwa kekuatan perusahaan dapat Exer-cised untuk menstabilkan dan atau lingkungan internal eksternal (Galbraith, 1967; Pfeffer & Salancik, 1978), tetapi dalam kenyataannya, pengaruh ini tidak pernah bisa mencapai keadaan kemahakuasaan, di mana ambiguitas akan lenyap ( Ackoff, 1983).
Ambiguitas menyebabkan dilema bagi organisasi. Mereka menghadapi lingkungan yang tidak pasti kompleks yang mengarah ke sakit-terstruktur masalah dan diffi-kultus-untuk mendefinisikan masalah (Mitroff, Emshoff, & Kilmann, 1979). Pada saat yang sama, mereka dilanda dengan pres-pastikan untuk bertindak tegas. Mengambil tindakan, bagaimanapun, memerlukan unequivocality. Sinyal ambigu tidak memberikan panduan praktis. Untuk mengatasi dilema ini, pengelolaannya pada pemerintah dipaksa untuk memberlakukan situasi kejelasan pada situasi ambigu dalam rangka memberikan skema kerja mampu untuk mengambil tindakan (Weick, 1979). Organisasi harus memberikan orientasi dengan melakukan pengem-oping model untuk memahami dan mengartikan "dunia." Mereka harus mengurangi ambiguitas pada tingkat yang memadai sehingga anggota organisasi dapat menyelesaikan sesuatu (Daft & Lengel, 1985). Kejelasan Creat-ing ("menghilangkan" ketidakjelasan) adalah proses com-kompleks pengumpulan informasi, penafsiran ting, dan mengubahnya. Namun, karena hanya seperangkat terbatas informasi dapat ditangani, sebagian besar apa yang berpotensi tersedia harus diabaikan. Pada dasarnya, proses filter informasi keseluruhan, menetapkan asumsi, dan mengurangi kompleksitas; pada dasarnya itu adalah selektif.Hal ini melekat selectiv-ity dalam proses manajemen memerlukan Funda-mental risiko, yaitu mereka yang membuat inappropri-makan pilihan dan menjadi tahu tentang pilihan potensial. Oleh karena itu, untuk membingkai ulang siklus perencanaan dan kontrol, tidak cukup untuk fokus pada masalah seleksi; sama pentingnya adalah pertanyaan tentang bagaimana cara mengatasi risiko yang selektif.
                
Model 3-Langkah Pengendalian Strategis
(Georg Schreyögg dan Horst Steinman, 1987; 94) Dalam kerangka teoritis diuraikan di sini perencanaan strategis dapat digambarkan sebagai suksesi langkah selektif. Idealnya, langkah awal adalah definisi domain. Hal ini dapat ditafsirkan sebagai upaya untuk mengubah masalah yang kompleks untuk bertahan hidup sistem ke dalam satu set jangka panjang keadan-tives. Dengan memprioritaskan satu domain tertentu, pos-sibilities tindakan masa depan perusahaan adalah kondisi-jelaskan, dan kemungkinan lain yang sudah berhasil-bisa sebelum pilihan dieliminasi. Ini adalah kegiatan seleksi pertama, melainkan memerlukan kontrol masa depan sehingga efektivitasnya dapat terus dipantau. Ini menyediakan pilihan pertama, tentu saja, hanya pedoman global untuk tindakan. Langkah lebih lanjut yang detail dan mengoperasionalkan tindakan strategis yang diperlukan: terdefinisi unit bisnis strategis, strategi untuk domain navigasi, strategis pro-gram untuk bidang fungsional, anggaran strategis, dan sebagainya. Pada setiap langkah dari proses detail-seseorang harus mengatasi masalah ambiguitas. Pada tingkat ini tidak ada keputusan adalah satu dan hanya satu bacaan yang benar dari situasi-situasi nasional mungkin. Oleh karena itu, untuk mengembangkan rantai sarana-akhir hubungan untuk tindakan strategis. (Rencana strategis) sebuah keberhasilan-sion tindakan selektif diperlukan. Prosedur utama untuk memilih adalah formu-an tempat tentang lingkungan internal dan eksternal selama semua tahapan proses perencanaan strategis. Premising menangani kedua aspek ambiguitas yang disebutkan di atas: Kompleksitas dan ketidakpastian. Karena kompleksitas dasarnya berarti penetrasi terbatas lingkungan, mengurangi dapat dibawa dengan mengganti pengetahuan kausal yang kurang dengan (eksplisit) asumsi.Pengurangan ketidakpastian, yang diperlukan mengingat masalah bahwa masa depan dapat diduga hanya sampai batas tertentu, juga dapat ditangani melalui premising. Proses dari premising dan inher-ent risiko memproduksi perspektif efektif panggilan untuk pemantauan hati-hati. Oleh karena itu, tugas pertama dari setiap proses pengendalian strategis harus menjaga tempat di bawah kontrol ("kontrol pemikiran"). Fokus eksklusif di tempat tetapi, terlalu dibatasi ketika mencoba untuk menangani risiko rencana-ning, karena premising sendiri secara inheren bodoh. Karena kompleksitas dari lingkungan eksternal dan internal, ada oleh iden-sity selalu aspek baik yang diabaikan atau tidak terdeteksi melalui premising. Ini sebagai-pects, bagaimanapun, mungkin terbukti penting untuk ity-berlaku rencana. Demikian pula, ketidakpastian berarti bahwa diskontinuitas dan kejutan akan selalu dimungkinkan di masa depan. Menurut definisi, diskontinuitas dan kejutan tidak dapat diantisipasi dan sepenuhnya ditangani oleh tempat. Ini mengarah pada pertanyaan-tion: bagaimana untuk mengimbangi risiko ini kebodohan? Salah satu pendekatan penting untuk menangani faktor-faktor kritis dan peristiwa yang belum terdeteksi atau diramalkan oleh perencanaan adalah dengan menggunakan proses implementasi, tation sebagai sumber informasi. Hal ini karena faktor-faktor kritis dan peristiwa membuat diri mereka semakin terasa selama proses implementasi pemikiran baik dengan tindakan menghambat atau hasil distorsi. Dengan demikian, pemantauan khusus dari proses implementasi strategi, dengan fokus pada tindakan strategis kritis dan hasil, com-pletes tugas kontrol strategis. Sejak saat itu, kegiatan ini akan disebut strategis "implementasinya kontrol."Tugasnya adalah untuk mendaftarkan dampak yang timbul dari tindakan strategis yang telah diambil sampai titik tertentu dalam waktu. Mengingat hasil sejauh ini dicapai, akan membantu seseorang untuk memutuskan apakah strategi (portofolio) yang masih berlaku. Sementara data pelaksanaan adalah sumber berharga untuk informasi kontrol, perancang sistem kontrol strategis tidak bisa berhenti di sini. Dia harus menyadari bahwa strategi implementasinya kontrol tidak dapat menangkap semua ancaman yang timbul namun belum menyulitkan implementasi pelaksanaan dari strategi.Selain itu, strategi implementasi pemikiran kontrol tidak bisa efektif kecuali efek dari implementasi dapat diukur. Untuk kedua alasan, pengendalian implementasi harus dilengkapi dengan perangkat kontrol tambahan pengamanan, yang mencoba untuk menangkap kritis stra-Tegic ancaman baik pada tahap awal dan dengan cara yang kurang selektif. Seperti kontrol mekanisme NISM bisa berfungsi tidak hanya sebagai penyangga keamanan untuk kontrol pelaksanaan, tetapi juga sebagai penyangga keamanan untuk kontrol premis dan fokus selektif pada lokasi. Perangkat kontrol menyeluruh akan disebut "pengawasan strategis." Untuk memenuhi tujuannya, itu harus tetap fokus sebanyak mungkin dan harus dirancang sebagai kegiatan pemantauan luas. Secara keseluruhan, sistem yang diusulkan dari strategi-Gic kontrol terdiri dari tiga kegiatan kontrol yang berbeda-hubungan seperti digambarkan pada Gambar 1. Waktu (untuk) menandai titik di mana formulasi strategi dimulai. Kontrol premis didirikan pada titik waktu dari premising awal (t1). Dari sini pada kontrol premis menyertai semua langkah selektif lebih lanjut dari premis-ing dalam perencanaan dan pelaksanaan strategi. Secara bersamaan, pengawasan strategis dimulai. Ketika implementasi strategi dimulai (t2), perangkat kontrol ketiga, pengendalian implementasi, yang dimasukkan ke dalam tindakan. Awal di (t2) ketiga perangkat kontrol bekerja sama menyeimbangkan risiko yang melekat dalam perencanaan.

Premise Kontrol
Kontrol Premise telah dirancang untuk memeriksa secara sistematis dan berkesinambungan apakah atau tidak set tempat selama proses perencanaan dan implementasi masih berlaku. Dengan demikian, kontrol premis yang akan diselenggarakan di sepanjang landasan tersebut. Tempat harus tercantum dan kemudian ditugaskan untuk orang atau departemen yang berkualitas sumber informasi. Tenaga penjualan, misalnya, dapat menjadi sumber yang berharga untuk memantau, toring kebijakan harga yang diharapkan dari pesaing utama. Siklus ini secara konseptual terikat setelah-fakta-evaluasi. Bahkan jika satu cek lebih sering ("adaptif kontrol"), pasca-aksi karakternya tidak pernah bisa diubah. Hal ini tidak mungkin untuk mengintegrasikan ide feedforward kontrol premis tanpa mempertimbangkan kembali peran baik perencanaan dan kontrol dalam kondisi ambiguitas.

Pelaksanaan Pengendalian
 Setelah pelaksanaan rencana strategis telah dimulai, tambahan sumber informasi feedforward, efek dari tindakan, menjadi sia-sia-bisa. Penting untuk dicatat bahwa tugas dari jenis kontrol tidak untuk melihat apakah implementasi strategi melanjutkan seperti yang direncanakan. Ini adalah tugas pengendalian operasional. Tugas pengendalian implementasi strategis adalah untuk menilai apakah program strategis keseluruhan harus diubah dalam terang peristiwa masa lalu. Tidak seperti pengendalian operasional, pengendalian implementasi strategis secara terus menerus mempertanyakan arah dasar dari strategi. Hal ini metalevel kontrol (Camillus & Veliyath, 1984).Kontrol implementasi strategis, tentu saja, tidak menggantikan pengendalian operasi, keduanya dibutuhkan untuk mengelola proses strategis efektif. Kontrol implementasi strategis harus menerapkan strategi saat ini (strategi lama) serta proyek-proyek strategis baru. Untuk membatasi implementasinya kontrol untuk proyek strategis baru, seperti yang diusulkan oleh Ansoff (1982, hal. 27) atau Lorange (1984, hal. 254), adalah sebuah kesalahan karena operasi tahun berjalan adalah bagian dari strategi perusahaan dan oleh karena itu sebagai "strategis" sebagai proyek baru. Dalam hal analisis portofolio, tidak ada alasan mengapa pengendalian strategis boleh mengabaikan "Sapi Kas" atau "Anjing" dan mempertimbangkan hanya "Wildcats." Untuk tujuan desain operasional, bagaimanapun, tampaknya membantu untuk differenti-makan antara proyek baru dan strategi actu-sekutu dalam operasi (strategi saat ini).

Strategis Surveillance
(Georg Schreyögg dan Horst Steinman, 1987; 93) By, premis kendali mereka sifat dan implementasi kontrol terfokus kontrol. Perangkat kontrol yang ketiga, pengawasan strategis, dirancang untuk memantau berbagai kejadian di dalam dan di luar perusahaan yang mungkin mengancam tindakan strategis. Akibatnya, jika pengawasan strategis adalah untuk berhasil, proses memantau, toring harus tetap terbuka. Restrukturisasi itu dengan menyiapkan terlebih dahulu daftar masalah pengendalian kritis (Lorange, 1984), oleh karena itu harus dihindari. Hanya kemudian apakah ada peluang bagus untuk mengangkat peristiwa penting unforseeable atau sebelumnya tidak terdeteksi.Sepintas ide tentang mode kontrol tidak fokus tampaknya paradoks dan tidak praktis. Bagaimana satu kontrol jika tidak ada objek kontrol didefinisikan? Jawabannya datang sekali lagi dari pengalaman sehari-hari: Perkembangan peristiwa penting membawa fokus dengan sendirinya dalam bentuk krisis. Sebelumnya diabaikan atau unfore-seeable ancaman menjadi semakin obstrusive sampai akhirnya tindakan krisis perintah (Luhmann, 1973). Tentu saja, pengawasan dari krisis potensial adalah yang paling efektif jika terdeteksi dini. Deteksi dini memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal pilihan respon dan daun lebih banyak waktu untuk tanggapan hati-hati disiapkan (Ansoff, 1984; Lorange, 1984). Menafsirkan sinyal sebagai gejala awal krisis adalah tugas yang sulit karena peringatan dini sig-nals biasanya lemah dan, karena itu, sangat ambigu.Kemungkinan salah menafsirkan sinyal-sinyal yang tinggi dan dengan itu resiko salah dipandu perubahan. Akibatnya, mungkin digunakan-ful untuk menunda tindakan sampai tambahan untuk informasi yang tersedia (Ansoff, 1975). "Surveilans Strategis" tampaknya serupa dalam beberapa cara untuk "pengamatan lingkungan" (Agui-lar, 1967; Klein & Linnemann, 1984). Rasio-ale, bagaimanapun, adalah berbeda: Lingkungan pemindaian biasanya dipandang sebagai bagian dari siklus perencanaan kronologis yang ditujukan untuk menghasilkan informasi-tion untuk rencana baru.Dengan cara Sebaliknya, pengawasan strategis dirancang untuk menjaga strategi didirikan secara terus menerus. Dari sudut pandang dalam makalah ini, konsep pemindaian lingkungan membingungkan kegiatan perencanaan dan kontrol. Mengamati lingkungan untuk peluang baru adalah tugas dasar sistem perencanaan; pemantauan ancaman untuk saat ini strategi-strategi EGY adalah tugas dasar sistem kontrol. Gambar 2 merangkum sistem yang diusulkan kontrol strategis dan fitur yang membedakan utama dari berbagai jenis kontrol. Di dasar sistem yang diusulkan terletak con ception-universal kontrol strategis. Secara kasar, sistem ini dirancang untuk menjawab pertanyaan apakah atau tidak program strategis perusahaan harus diubah mengingat ancaman lingkungan. Untuk memungkinkan organisasi untuk menjawab pertanyaan mendasar terus menerus, maka sistem con-trol harus mengadopsi metalevel (universal) perspektif yang tidak terlalu erat terikat pada isi dari strategi yang ditetapkan. Contingency pendekatan pengendalian strategis, seperti yang diusulkan baru-baru ini (Egelhoff, 1984; Grant, 1982), jalankan bahaya hilang tujuan pusat. Ketika sistem pengendalian strategis dirancang untuk mencocokkan rapi karakteristik EGY strategi-strategi yang ditentukan (misalnya, pertumbuhan tinggi atau strategi pertumbuhan rendah), pandangan rabun dapat berakibat yang tidak mampu menjawab pertanyaan metalevel dari apakah strategi keseluruhan harus diubah. Sebuah sistem kontrol strategis-Gic membutuhkan perspektif-efektif dan tidak dinamis desain cocok statis (Schreyogg, 1980).

Mempersiapkan  Pengendalian Strategis Organisasi
Persiapan yang teliti diperlukan untuk membuat strategi-Gic kerja kontrol. Aspek perilaku dan desain organisasi adalah penting utama di sini. Berkenaan dengan aspek perilaku kita harus ingat bahwa logika pengendalian strategis adalah untuk con-menerus mempertanyakan validitas strategi yang ditetapkan. Dengan kata lain, organisasi harus siap untuk secara sistematis dan kronis meragukan saja strategis utama perusahaan. Hal ini, tentu saja, permintaan menantang untuk kedua individu dan keseluruhan sistem. (Georg Schreyögg dan Horst Steinman, 1987; 93)

Strategis sistem kontrol
(Henry M 2011 , 1) Tujuan dari sistem pengendalian strategis adalah untuk memungkinkan manajemen senior untuk menentukan apakah unit bisnis berkinerja memuaskan dan memotivasi para manajer unit bisnis untuk memastikan hal ini terus berlanjut. Sebagai sistem kontrol tersebut akan melibatkan persetujuan tujuan organisasi antara manajer unit bisnis strategis dan manajemen eksekutif. Hal ini juga akan melibatkan pemantauan para manajer untuk memastikan ukuran kinerja yang disepakati tercapai. Selain memberikan umpan balik pada hasil yang dicapai dan menyetujui penghargaan dan sanksi.
Terakhir sistem kontrol dengan matang harus menyediakan dasar untuk mengoreksi setiap penyimpangan dari tujuan yang disepakati.
Alasan untuk sistem kontrol strategis dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, adalah penting dalam setiap organisasi untuk mengkoordinasikan kegiatan yang berbeda dari semua karyawan. Hal ini juga diperlukan untuk manajemen dalam strata yang berbeda dari organisasi untuk menyepakati tujuan yang dapat digunakan untuk memandu perilaku. Dengan demikian, dan jika memungkinkan, tujuan ini harus tepat dan terukur. Kedua, memungkinkan aspirasi individu karyawan untuk disesuaikan dengan tujuan perusahaan. Untuk membantu mencapai hal ini semua sistem pengendalian strategis mewujudkan penghargaan dan sanksi. Ketiga, dengan pemantauan kinerja manajemen senior dapat memutuskan kapan dan bagaimana melakukan intervensi.
Beberapa berpendapat bahwa sistem kontrol strategis harus memiliki luas yang cukup bahwa perbedaan antara aktual dan hasil yang direncanakan perlu mengarah tidak hanya ke revisi dari perilaku manajemen tetapi untuk mempertanyakan asumsi dimana tujuan itu sendiri didasarkan (Argyris dan Schon, 1978). Lainnya, Quinn (1980) dan Mintzberg (1987) membuat titik bahwa perubahan paling strategis terjadi dengan cara bertahap. Dengan demikian, rencana rinci dan tepat mungkin kurang berguna bagi organisasi. Argumen di sini adalah bahwa manajer eksekutif mungkin lebih baik dianggap sebagai pengrajin, seperti tanah liat kering membentuk, yang memiliki pengertian umum tentang apa yang ia bermaksud untuk membuat namun tidak ada desain rinci (Mintzberg, 1987). Hal ini menciptakan dilema. Di satu sisi, jika sistem kontrol strategis terlalu kaku itu akan kekurangan nilai khususnya di lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat. Di sisi lain, jika sistem kontrol strategis melibatkan tujuan yang tidak jelas dan tidak jelas dan hubungan antara insentif dan sanksi tidak jelas ini akan cenderung merusak sistem kontrol.
Sebuah sistem kontrol dengan matang strategis membutuhkan kepercayaan dan kepercayaan diri untuk berfungsi secara efektif. Harus ada saling menghormati antara manajemen senior dan manajer bisnis seperti bahwa mantan percaya yang terakhir mampu dan kompeten untuk melaksanakan tugas. Sedangkan yang kedua yakin mantan akan melakukan penilaian yang adil dalam penilaian perilaku dan kinerja mereka. Sekali seorang manajer senior kehilangan kepercayaan nya atau manajer bisnisnya penilaian kinerja mereka mungkin akan negatif terlepas dari apa yang mungkin telah dicapai. Namun, di mana seorang manajer senior memiliki kepercayaan penuh pada seorang manajer bisnis maka setiap penjelasan yang diberikan oleh manager untuk penyimpangan dari rencana yang disepakati akan lebih mungkin akan mudah diterima. Ini menimbulkan dua pertanyaan untuk manajemen senior. Satu, untuk sejauh mana sistem kontrol strategis mereka membantu untuk membangun kepercayaan antara tingkat yang berbeda dalam sebuah organisasi? Dua, bagaimana seharusnya sistem kontrol strategis dirancang dan dilaksanakan untuk memastikan kepercayaan yang dibuat bukan berkurang antara berbagai tingkat manajemen?
Mencoba untuk memikirkan sistem pengendalian strategis jauh lebih rumit dari manajer senior mungkin awalnya membayangkan. Beberapa masalah meliputi:
1. menyusun sistem pengendalian strategis yang mampu mengakomodasi ketidakpastian dan cukup fleksibel dalam pelaksanaan strategi;
2.  mendefinisikan tujuan strategis yang cocok untuk memastikan manajer tetap termotivasi;
3.    memastikan bahwa sistem kontrol strategis membantu daripada mencoba untuk menggantikan pertimbangan manajemen;
4.      membangun sistem kontrol strategis yang meningkatkan daripada merusak saling percaya antara berbagai tingkat manajemen dalam sebuah organisasi.

Dalam teori manfaat dari sistem pengendalian strategis tampil menarik. Pada kenyataannya ada kesulitan yang cukup besar dalam merancang sistem kontrol strategis yang memenuhi kebutuhan organisasi. Kesulitan-kesulitan ini kemungkinan akan lebih jelas dalam beberapa jenis bisnis. Dalam keadaan seperti sistem kontrol strategis mungkin harus dirancang dengan mempertimbangkan sifat istimewa yang dihadapi oleh setiap organisasi. Sebagai aturan umum kita bisa mengatakan bahwa sistem kontrol strategis akan menggunakan nilai yang lebih tinggi di lingkungan bisnis yang stabil atau dewasa dan nilai kurang untuk manajer dalam bisnis yang bergejolak dan berubah dengan cepat.

Model Strategis Pengendalian
(Ali Nejatbakhsh Esfahani dan Ahmad Ali Khaef Elahi, 2012, 529) Dasar dari model konseptual untuk pengendalian strategis dalam organisasi administratif diambil dari model ini. Model ini dikaitkan dengan Frank Harrison, sekelompok ahli manajemen dan ahli strategi manajer.


Referensi
 James M. Pappas, Karen E. Flaherty, C. Shane Hunt, 2007, The Joint Influence of Control Strategies and Market Turbulence on Strategic Performance in SalesDrivenOrganizations  institute of Behavioral and Applied Management. All Rights Reserved.

 Georg Schreyögg  and Horst Steinman 1987,  Strategic Control: A New PerspectiveThe Academy of Management Review, Vol. 12, No. 1 (Jan., 1987), pp. 91-103

 Henry M 2011: Understanding Strategic Management: Organizational Systems and Strategic Change  Oxford University Press

 Ali Nejatbakhsh Esfahani1 and Ahmad Ali Khaef Elahi 2012, Administrative OrganizationStrategic Control Model International Research Journal of Applied and Basic Sciences. Vol., 3 (3), 525-536,

 B. E. A. Oghojafor  O. L. Kuye 2011, Strategic Control and Corporate Performance in the Manufacturing Industry: Evidence from Nigeria European Journal of Social Sciences – Volume 22, Number 2

 Donald L. Caruth and John H. Humphrey, 2008, 6, Performance appraisal: essential characteristics for strategic control, MEASURING BUSINESS EXCELLENCE  VOL. 12 NO. 3 2008, pp. 24-32, Q Emerald Group Publishing Limited, ISSN 1368-3047
  Jordan, Leland G, 1996, Strategic control in reengineering the complex organization Human Systems Management; 1996; 15, 4; ABI/INFORM Complete pg. 219 




1 komentar: