Pengertian Manajemen
Istilah
manajemen berasal dari kata management (bahasa Inggris), turunan dari
kata “ to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana atau
ketatalaksanaan. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara manajer
(orangnya) mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi
pembantunya agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya.
Pengertian
Manajemen menurut beberapa ahli yaitu :
1. Menurut R. Terry, Manajemen merupakan
suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan
serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya
manusia dan sumberdaya lainnya.
2. Menurut James A.F. Stoner, Manajemen merupakan
suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian
upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada
organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
3. Menurut Horold Koontz dan Cyril
O’donnel, Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui
kegiatan orang lain.
Mengenai
definisi manajemen, sebenarnya ada banyak versinamun demikian pengertian
manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah bahwa
“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atau pengawasan,
yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan
melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya yang terbatas”.
Pengertian
Strategik
Asal kata
“strategi” adalah turunan dari kata dalam bahasa Yunani, strategos. Pengertian
strategi menurut Glueck dan Jauch adalah Rencana yang disatukan, luas dan
berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan
tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari
perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi.
Pengertian
strategi secara umum dan khusus sebagai berikut :
Pengertian
Umum
Strategi adalah
proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka
panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar
tujuan tersebut dapat dicapai.
Pengertian
Khusus
Strategi
merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan
terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang
diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir
selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang
terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola
konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies). Perusahaan
perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan. Sehingga dengan
demikian dapat disimpulkan secara singkat bahwa strategi adalah rencana jangka
panjang dengan diikuti tindakan-tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan
tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan analisis dan pengamatan
lingkungan.
Pengertian
Manajemen Strategik
Pengertian
Manajemen Strategik menurut beberapa ahli yaitu :
1.
Pengertian manajemen strategis menurut J. David Hunger dan Thomas L.
Wheelen adalah “Strategic Management is that a set of managerial decisions and
actions that determines the long-run performance of a corporation”, dan jika
diterjemahkan secara bebas maka Manajemen strategis adalah serangkaian
keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam
jangka panjang.
2. Pengertian manajemen strategis menurut
Pearch dan Robinson (1997) dikatakan bahwa manajemen stratejik adalah kumpulan
dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan
(implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran
organisasi.
3.
Pengertian
manajemen strategi menurut Fred R. David adalah bahwa manajemen strategi adalah
seni dan ilmu untuk memformulasi, menginplementasi, dan mengevaluasi keputusan
lintas fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan.
4.
Pengertian
manajemen strategis menurut Lawrence R.
Jauch dan Wiliam F. Gluech (Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, 1998)
: Manajemen Strategis adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada
penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu
mencapai sasaran perusahaan.
Berdasarkan hal
tersebut diatas dapat dijelaskan bahwa manajemen strategis merupakan proses atau
rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh,
disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan
diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk
mencapai tujuan.
Oleh karena itu
manajemen strategi sangat penting bagi suatu organisasi/ perusahaan di dunia
bisnis karena :
1. Memberikan
arah pencapaian tujuan organisasi/ perusahaan
2. Membantu
memikirkan kepentingan berbagai pihak
3. Dapat
mengantisipasi setiap perubahan kembali secara merata
4. Berhubungan
dengan efisiensi dan efektifitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar