Senin, 04 Februari 2013

Penelitian Deskriptif



Penelitian deskriptif   adalah untuk menggambarkan karakteristik objek, orang, kelompok, organisasi, atau lingkungan. Dengan kata lain, penelitian deskriptif mencoba untuk menggambarkan dari situasi tertentu dengan menggunakan pertanyaan siapa, apa, kapan, di mana, dan bagaimana  (Zikmund, Babin, Carr, Griffin, 2009; 55)
Menurut ( Cohen, Manion dan Morrison, 2.007 205) penelitian deskriptif berkaitan dengan bagaimana apa atau apa yang ada terkait dengan beberapa peristiwa sebelumnya yang telah mempengaruhi atau terpengaruh peristiwa atau kondisi saat ini.
Penelitian deskriptif menggambarkan perilaku, pikiran, atau perasaan kelompok tertentu individu. Sebaai contoh yang paling umum dari penelitian deskriptif murni adalah jajak pendapat umum, yang menggambarkan sikap dari kelompok masyarakat tertentu (Mark R. Leary, 2001; 25).
Sementara itu menurut (Hyman & Sierra, 2010; 39) Penelitian deskriptif dapat menggambarkan lingkungan dengan mengidentifikasi karakteristik dari hal-hal atau fenomena yang berhubungan dengan satu sama lain, misalnya, jika laki-laki lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk membeli produk tertentu, atau jika pembeli paling sering dari suatu produk tertentu yang lebih muda atau lebih tua.
Penelitian deskriptif digunakan ketika data statistik yang diperlukan pada fakta. Alat yang digunakan untuk melakukan penelitian deskriptif hampir selalu survei. Keuntungan dari survei adalah bahwa, jika jumlah orang yang disurvei (sampel) cukup besar, dapat dikatakan bahwa fakta telah terbukti dan benar dari seluruh kelompok ( Kolb, 2008; 25).

Referensi:
Hyman Michael R.  Sierra Jeremy J, 2010,  Marekting Research Kit for Dummies, by Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana.
Kolb Bonita. 2008. Marketing Resear ch A Practical Appr oach: SAGE Publications Asia-Pacifi c Pte Ltd 33 Pekin Street #02-01 Far East Square: Singapore 048763.
Louis Cohen, Lawrence Manion and Keith Morrison; 2007 205), 270 Madison Avenue, New York, NY 10016. Sixth edition.
Mark R. Leary; 2001. Introduction to Behavioral Research Methods. THIRD EDITION: A Pearson Education Company. London.
Zikmund William,  Babin Barry J, Carr John C, Griffin Mitch; 2009. Business Research Method, Eight Edition.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar